IOC: Kepastian Penyelenggaraan Olimpiade 2020 Diputuskan Bulan Depan :: Nusantaratv.com

IOC: Kepastian Penyelenggaraan Olimpiade 2020 Diputuskan Bulan Depan

Hasil diskusi tersebut, IOC akan meninjau ulang penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 dan membuka opsi menunda bukan wacana pembatalan
IOC: Kepastian Penyelenggaraan Olimpiade 2020 Diputuskan Bulan Depan
Gedung Olimpiade / Foto: Ist

Jakarta, Nusantaratv.comOlimpiade Tokyo 2020 resmi ditunda. Hal itu diungkapkan langsung oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, Senin (23/2/2020).

Sejatinya, penundaan ini dilakukan setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) berdiskusi dengan berbagai organisasi terkait, lantaran wabah penyakit dari China itu tak kunjung reda.  

"Melihat kondisi sekarang, tidak ada pilihan lagi selain menunda acara empat tahunan ini. Pertimbangannya adalah menempatkan keselamatan atlet sebagai yang utama," kata Shinzo Abe dikutip situs Nippon, Senin (23/3/2020).

Seperti diketahui, hasil diskusi tersebut, IOC akan meninjau ulang penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020. Selain itu, IOC juga membuka opsi menunda bukan wacana pembatalan.

  1. Wabah Penyakit Dari China Tak Kunjung Reda, Olimpiade 2020 Akhirnya Ditunda

Dan, kepastian penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 akan diputuskan IOC satu bulan lagi dengan pertimbangan situasi kesehatan global. Yang pasti, pesta olahraga empat tahunan ini akan ditunda satu bulan sampai satu tahun tergantung situasi.

Penundaan ini juga mendapat tanggapan positif dari Ketua Komite Olimpiade Britania Raya, Sir Hugh Robertson. Namun, Hugh Robertson juga meminta kepada IOC agar tidak terlalu lama membuat keputusan karena akan memengaruhi atlet.

"Kami menyambut keputusan dewan eksekutif IOC untuk meninjau opsi sehubungan dengan penundaan Olimpiade Tokyo 2020. Tetapi aturan isolasi diri telah menghilangkan kemampuan atlet untuk bersaing di lapangan. Kami mendesak pengambilan keputusan cepat demi atlet untuk mendapat kepastian," kata Hugh Robertson dikutip dari situs BBC Sport.

Sebagai informasi, ditundanya Olimpiade Tokyo 2020 juga karena berbagai federasi olahraga dunia, atlet, hingga komite olimpiade negara peserta, dalam dua hari ini sudah mendesak IOC untuk segera menunda pesta olahraga empat tahunan tersebut lantaran penyakit dari China tak kunjung reda.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0