Ketua SIWO Nilai Himbauan Menpora Tidak Tegas :: Nusantaratv.com

Ketua SIWO Nilai Himbauan Menpora Tidak Tegas

Menpora menghimbau kegiatan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan baik di dalam dan luar negeri diserahkan kepada induk organisasi  masing-masing
Ketua SIWO Nilai Himbauan Menpora Tidak Tegas
Ketua SIWO Pusat, AA Gungde Ariwangsa / Foto: Arf18

Jakarta, Nusantaratv.com - Dunia sedang digegerkan oleh penyebaran wabah virus corona. Sebanyak 118 negara juga sudah diserang oleh penyakit yang datang dari kota Wuhan, China tersebut.

Hingga saat ini tercatat sudah ada 119.179 kasus yang terjangkit virus mematikan di 118 negara. Angka tersebut juga berdampak pada perhelatan olahraga di dunia.

Salah satunya di Indonesia. Terbaru, Menpora Zainudin Amali, memanggil beberapa stakeholder olahraga di Tanah Air untuk membahas kelanjutan kompetisi dan beberapa event olahraga pasca adanya pengumuman dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait melesatnya penyebaran wabah virus corona di dunia.

Adapun yang hadir dalam pertemuan tersebut antara lain perwakilan dari Kemenkes, KONI, NOC, FORMI, PSSI, PBVSI, PERBASI, LIB, Proliga dan IBL.

  1. Akhirnya BWF Menunda Semua Agenda Turnamen Hingga 12 April 2020

Dari pertemuan tersebut menghasilkan lima kesimpulan yang diantaranya: 

1. Memperhatikan pernyataan WHO bahwa virus corona  (COVID-19) telah menjadi pandemi dan perkembangan penyebaran virus corona di tanah air telah meluas. 

2. Kemenpora menghimbau masyarakat untuk tetap aktif, beraktifitas fisik, dan lebih menjaga  kebersihan serat hidup sehat dan meningkatkan kebugaran. 

3. Demi memperhatikan keselamatan umum, Kemenpora menghimbau kegiatan-kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak disarankan memperhatikan situasi dan kondisi di tempat kegiatan dengan sungguh-sungguh. 

4. Kebijakan tentang keberlangsungan kegiatan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan baik di dalam dan luar negeri diserahkan kepada induk organisasi  masing-masing, dengan memperhatikan perkembangan penyebaran virus corona  di tanah air. 

5. Kementerian Kesehatan dan Kemenpora bersama dengan stakeholder olahraga akan segera merumuskan protokol tentang penanganan virus corona khususnya di lingkungan keolahragaan.

Namun, kesimpulan dari rapat Menpora berserta sejumlah cabang olahraga yang menghasilkan beberapa himbauan dinilai kurang tegas dan terkesan mengambang. Hal itu dikatakan, oleh ketua SIWO Pusat AA Gungde Ariwangsa.

"Ini sangat disayangkan pernyataan Kemenpora tidak tegas. Terkesan mengambang dan arahnya kemana. Kalau memang diserahkan kepada induk organisasi masing-masing kenapa harus mengeluarkan himbauan. Harusnya, Kemenpora itu memberikan arahan bukan membuat suasana menjadi ngambang," tegas Gungde Ariwangsa kepada Nusantaratv.com, Jumat (13/3/2020) malam.

Ariwangsa juga mengatakan, seharusnya Menpora mengikuti beberapa negara yang bertindak tegas dalam dunia olahraganya, terkait mengambil sikap penanganan kasus virus corona yang saat ini sudah menwaskan ribuan jiwa di dunia.

"Dalam kasus Corona, dunia internasional sudah tegas. Jadi semestinya Menpora juga tegas menghentinkan sementara semua kegiatan olahraga di Tanah Air apalagi yang banyak melibatkan massa. lihat saja NBA, Formula One, ATP Tour, WTA Tour dan liga sepakbola di Eropa dihentikan sementara demi menyelamatkan jiwa masyarakat banyak khususnya para atlet," ujarnya.

"Seharunya Menpora itu berani tegas, bukan memberikan himbauan yang mengambang seperti ini. Dengan adanya himbauan mengambang ini apa kita harus menunggu korban dulu baru bersikpa tegas," pungkasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0