Novendra Priasmoro Menjadi Grand Master Kedelapan Indonesia :: Nusantaratv.com

Novendra Priasmoro Menjadi Grand Master Kedelapan Indonesia

Prestasi Gemilang Ditorehkan Pecatur Muda Novendra Priasmoro yang Sukses Menjadi Grand Master Kedelapan Indonesia.
Novendra Priasmoro Menjadi Grand Master Kedelapan Indonesia
Novendra Priasmoro berhasil menuntaskan misinya meraih tambahan poin untuk memenuhi syarat elo rating 2500 GM. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Setelah menunggu selama kurang lebih 16 tahun, sejak keberhasilan Susanto Megaranto jadi Grand Master (GM) pada 2004. Indonesia akhirnya berhasil melahirkan GM lagi. Prestasi gemilang tersebut ditorehkan pecatur muda Novendra Priasmoro yang sukses menjadi GM kedelapan Indonesia. 

Pecatur binaan United Tractor itu berhasil menuntaskan misinya meraih tambahan poin untuk memenuhi syarat elo rating 2500 GM setelah sukses mencetak kemenangan beruntun ketujuh kalinya dengan mengalahkan Master Internasional (MI) dari Polandia, Klaudia Kulon (elo rating 2345) pada babak tujuh turnamen Liberec Open 2020, yang berlangsung di Ceko, Kamis (27/2/2020). Novendra menang pada langkah ke-25 pembukaan Serangan Tompowsky.

Kemenangan tersebut selain memperkokoh dirinya sebagai pemimpin klasemen sementara dengan angka sempurna 7 poin, juga memastikan kebutuhan tambahan rating sebanyak 11 poin untuk memenuhi persyaratan rating sebesar 2500 terlampaui. Novendra mencatatkan dirinya menjadi GM kedelapan Indonesia.

Dari kemenangannya atas Klaudia Kulon, Novendra mendapat tambahan 2,9 poin sehingga total tabungan ratingnya sudah mecapai 11,4 poin. Perjuangan Novendra untuk mewujudkan ambisinya memenuhi syarat rating GM patut diacungi jempol. Dia sempat kehilangan 4 poin saat berlaga di turnamen Praha Open yang berlangsung sepekan sebelumnya. Akibatnya ratingnya sempat turun dari 2497 ke 2493.

Baca Juga: Pecatur Cilik Indonesia Raih Gelar Juara Dunia di Spanyol

Novendra berhasil bangkit di turnamen Liberec Open dengan mencetak tujuh kali kemenangan beruntun. Hingga babak tujuh dia sudah mengumpulkan 11,4 poin. Pertandingan masih tersisa dua babak lagi. Novendra menargetkan merebut 1,5 poin lagi untuk memastikan merebut gelar juara.

Pada babak ke-8 Novendra akan menghadapi MI dari India, Akash G (elo rating 2449) yang minggu lalu menjadi juara Praha Open. Sukses Novendra Priasmoro menjadi Grand Master Kedelapan Indonesia membuktikan kalau pecatur-pecatur Indonesia mampu bersaing dengan pecatur-pecatur mancanegara. 

Berikut nama-nama pecatur Indonesia yang telah berhasil meraih gelar Grand Master yang merupakan gelar tertinggi di cabang olahraga catur, yakni GM Herman Suradiradja, GM Ardiansyah, GM Edhi Handoko, GM Ruben Gunawan, GM Cerdas Barus, GM Utut Adianto (sekarang Ketua Umum PB Percasi sekaligus anggota DPR RI), GM Susanto Megaranto dan GM Novendra Priasmoro.

Selain memiliki delapan pecatur pria yang sudah bergelar GM, Indonesia juga memiliki dua pecatur wanita yang telah menyabet gelar GM. Mereka adalah Grand Master Wanita (GMW), Irene Kharisma Sukandar dan GMW Medina Warda Aulia. Bahkan Irene dan Medina juga tengah berjuang untuk meraih gelar GM Pria.

 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0