Wabah Penyakit Dari China Tak Kunjung Reda, Olimpiade 2020 Akhirnya Ditunda :: Nusantaratv.com

Wabah Penyakit Dari China Tak Kunjung Reda, Olimpiade 2020 Akhirnya Ditunda

Wabah penyakit dari China ini tak hanya merusak perekonomian dunia, melainkan beberapa gelaran event olahraga
Wabah Penyakit Dari China Tak Kunjung Reda, Olimpiade 2020 Akhirnya Ditunda
Warga Jepang yang masih diteror virus corona / Foto: Ist

Jakarta, Nusantaratv.com - Teror virus corona terus mengancam dunia. Secara global, penyakit asal China ini telah menjangkit 336.638 orang, dengan kematian mencapai 14.611 dan pasien sembuh 97.636.

Bahkan, wabah penyakit dari China ini tak hanya merusak perekonomian dunia, melainkan beberapa gelaran event olahraga. Terbukti, perhelatan olahraga di dunia mulai dari NBA, Formula One, ATP Tour, WTA Tour, MotoGP dan liga sepakbola di Eropa sudah dihentikan.

Dan, kabar terbaru datang dari Negeri Matahari Terbit, dimana Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, akhirnya membuka opsi untuk menunda penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020, lantaran wabah penyakit dari China itu tak kunjung reda.

"Melihat kondisi sekarang, tidak ada pilihan lagi selain menunda acara empat tahunan ini," kata Shinzo Abe dikutip situs Nippon, Senin (23/3/2020).

Sejatinnya, pekan lalu  Shinzo Abe masih bersikeras ingin Olimpiade Tokyo 2020 tetap bergulir sesuai jadwal pada 24 Juli sampai 9 Agustus 2020. Namun, hari ini hati nya pun berubah, setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) berdiskusi dengan berbagai organisasi terkait, Senin (22/3/2020). 

"Pertimbangannya adalah menempatkan keselamatan atlet sebagai yang utama," ujar Shinzo Abe. 

Sebagai informasi, serangan wabah virus corona terus meningkat disetiap harinya. Hal ini juga membuat berbagai negara menerapkan aturan isolasi diri untuk menghambat laju penyebaran virus tersebut.

Ternyata, tturan itu membuat persiapan atlet terganggu karena jadwal dan program latihan berubah. Dan, tidak hanya persiapan atlet, kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 juga ikut terganggu.

Salah satu kualifikasi Olimpiade yang terganggu adalah cabang olahraga bulu tangkis. Belum lama ini, BWF juga memutuskan untuk menunda lima turnamen yang merupakan bagian dari kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Lima turnamen tersebut yakni Croatian International 2020, Peru International 2020, European Championships 2020, Badminton Asia Championships 2020, dan Pan Am Individual Championships 2020.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0